Langkah-langkah Cara Membuat Meja Kompor Tanam

Salah satu ruangan yang ada di dalam rumah adalah dapur. Komponen dalam dapur yang paling penting ialah kompor karena akan digunakan untuk memasak. Terdapat beberapa jenis kompor yang dapat kita pilih, termasuk di antaranya adalah kompor tanam. Kompor jenis ini sendiri ialah kompor yang dipasang permanen di meja maupun tempat tertentu. Kompor tanam terdiri dari dua jenis, yaitu kompor tanam induksi serta kompor tanam tabung gas. Kompor tanam induksi akan menggunakan listrik sebagai bahan bakar sementara jenis satunya lagi menggunakan gas. Cara membuat meja kompor tanam juga penting untuk diperhatikan.
Cara Membuat Meja Kompor Tanam
foto:rumahimpiansederhana.blogspot.com
Model yang simple dan elegan akan membuat keberadaan kompor tanam menambah kesan mewah terutama pada interior dapur. Penggunaannya juga mudah, misalkan untuk cara menyalakan kompor gas tanam akan lebih sederhana. Kompor tanam gas induksi sendiri hanya perlu menekan tombol khusus untuk menyalakannya. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan meja kompor tanam.

1. Pilih Jenis Kompor Tanam
Terlebih dulu pilih jenis kompor tanam yang akan dibuat. Dari dua jenis yang ada, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan kompor yang berbeda satu sama lain. Kompor tanam tabung gas misalnya lebih hemat dan ukuranya lebih ramping, namun tetap memiliki resiko ledakan gas walau telah dilengkapi fitur yang dapat mendeteksi kebocoran gas. Sementara kompor tanam induksi memiliki kelebihan dari segi bebas resiko ledakan mengingat tidak menggunakan tabung gas sebagai bahan bakarnya. Namun, kerugiannya adalah biaya listrik yang cukup tinggi.

2. Siapkan Meja Dapur
Langkah berikutnya adalah persiapkan meja dapur yang akan digunakan sebagai dudukan kompor gas. Cara membuat dudukan kompor gas ini sendiri cukup mudah. Kita hanya perlu memastikan luas meja dapur yang disiapkan lebih besar dibanding ukuran kompor gas tanam yang hendak dipasang.

3. Perhatikan Ukuran
Ukur kompor tanam yang dipilih lalu lubangi meja yang disiapkan sesuai ukuran dari kompor tersebut. Hal ini dilakukan agar kompor yang akan ditanam bisa sesuai, tidak terlalu luas serta tidak terlalu sempit pula. Apabila lubang meja yang digunakan sebagai kompor tanam terlalu luas, maka resikonya kompor akan mudah tergeser.

4. Pasang Kompor ke Atas Dudukan
Berikutnya, letakkan kompor gas tanam murah yang akan ditanam di lubang meja atau dudukan tersebut. Pastikan ukurannya telah sesuai supaya kompor tidak gampang bergeser. Setelahnya, pasang regulator apabila kita memasang kompor tanam jenis kompor gas. DI tahap ini, serahkan pada ahlinya yang telah terbiasa memasang regulator. Hal ini karena tabung regulator memiliki sifat yang cukup sensitif sehingga jika pemasangannya tidak berhati-hati, maka dikhawatirkan akan membahayakan diri sendiri. Kosongkan bagian bawah dari meja kompor sebagai tempat untuk meletakkan tabung gas. Jika kelima langkah tersebut telah dilakukan, maka kompor gas tanam sudah siap digunakan. Cara pasang kompor gas tanam tersebut terbilang mudah.

Jika kita tidak memiliki cukup waktu untuk membuat kompor gas tanam sendiri, maka kita bisa membeli langsung yang sudah siap pakai di pasaran kemudian memanggil tukang yang ahli dalam memasang kompor tanam. Saat hendak memasang kompor gas tanam, ada baiknya kita telah menyiapkan kompor gas tanam yang hendak dipasang. Ada banyak merk kompor gas tanam yang bagus dan awet yang bisa ditemukan di pasaran.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih salah satunya yang terbaik dan sesuai kebutuhan.

1. Pilih Merk
Tips memilih kompor gas tanam yang pertama adalah memilih merk yang berkualitas. Tiap orang pastinya menginginkan kompor gas yang tidak mudah rusak. Pilih merk yang bagus dan baca referensi merk yang banyak direkomendasikan di pasaran. Dengan sering-sering membaca rekomendasi produk, referensi kita akan semakin banyak dan bertambah sehingga tidak salah pilih dalam menggunakan kompor gas tanam yang berkualitas. Kompor gas tanam Modena vs Rinnai misalnya sama-sama memiliki kelebihan dari segi ketahanan. Walau demikian, tentu masih ada kelemahan dari jenis-jenis kompor gas tanam. Hal ini juga harus turut kita perhatikan sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum memilih kompor gas.

2. Kenali Ciri Kompor Gas Tanam Yang Awet
Ada baiknya jika kita turut memahami ciri-ciri dari kompor gas tanam yang awet. Hal ini bisa dilakukan supaya ketika kita telah tahu apa saja ciri-ciri kompor gas tanam yang bagus, maka kita tidak akan salah pilih. Merk kompor tanam yang bagus umumnya akan mengeluarkan api besar serta dilengkapi fitur lengkap. Pilih jenis kompor tanam dengan api besar yang berarti produknya memiliki kualitas bagus. Namun jika kita memilih kompor tanam induksi yang menggunakan tenaga listrik, pilih merk kompor yang bisa menghasilkan panas paling besar dan fiturnya lengkap. Adanya fitur yang lengkap ini akan memudahkan kita saat menggunakan kompor untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Pilih Sesuai Harga
Tips terakhir ialah perhatikan harga dari masing-masing kompor gas tanam di toko-toko. Umumnya harga dari kompor gas tanam akan dipengaruhi oleh ukuran kompor gas tanam hingga jenis dan spesifikasinya. Misalnya, merk kompor gas berkualitas pasti dihargai lebih tinggi dibanding kompor gas tanam yang fiturnya kurang lengkap. Masing-masing merk kompor akan memiliki harga yang cukup bervariasi. Kompor gas tanam sendiri biasa dibanderol di kisaran harga jutaan rupiah. Walau demikian, kita juga bisa mencari produk kompor gas tanam yang harganya lebih terjangkau.

Sebelum memutuskan untuk membeli dan memasang kompor gas tanam, kita harus paham dulu apa saja kelebihan dan kerugian kompor tanam sesuai jenisnya masing-masing. Adanya kompor tanam ini memang akan memudahkan pekerjaan di dapur terutama memasak, namun tetap ada efek lain yang membuatnya dapat merugikan pengguna. Termasuk di antaranya adalah resiko ledakan gas hingga biaya yang cukup tinggi. Cara pasang kompor gas tanam juga harus benar-benar diperhatikan supaya perangkat ini bisa terpasang dengan baik, tidak mudah bergeser serta tentunya dapat digunakan sebagaimana mestinya. Jika kita tidak bisa memasang kompor gas tanam sendiri, maka ada baiknya jika kita meminta bantuan orang lain yang lebih profesional atau berpengalaman.

Untuk bisa mendapatkan kompor tanam yang bagus dan awet, kita bisa mencari di toko-toko kompor gas terdekat dari rumah. Pembelian online juga dapat dilakukan, walau akan  menghabiskan lebih banyak dana untuk biaya ongkos kirimnya. Namun biasanya pembelian secara online ini menawarkan lebih banyak pilihan, mulai dari jenis, model, merk dan lain-lain. Kita juga bisa melakukan survey harga secara lebih baik jika pembelian melalui media online. Pastikan kita memilih jenis kompor gas yang berkualitas dan harga yang sepadan agar didapat pula hasil terbaik pada pemakaiannya. Demikian informasi seputar pemasangan meja kompor gas tanam hingga pemilihan kompor gas tanam terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

0 Response to "Langkah-langkah Cara Membuat Meja Kompor Tanam"

Post a Comment