Exhaust Fan Solusi Pendingin Ruangan yang Ramah Lingkungan

Cara memasang exhaust fan merupakan pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Penggunaan exhaust fan dapat dijadikan solusi bagi Anda yang menginginkan pendinginan dengan harga lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibandingkan AC. Rata-rata daya yang diperlukan untuk satu buah exhaust fan yaitu sekitar 15-45 watt. Cara kerja exhaust fan sendiri layaknya sebuah blower yang menghirup udara kotor dalam ruangan dan menggantinya dengan udara bersih dari luar ruangan.

Exhaust fan memiliki fungsi untuk memaksimalkan sirkulasi udara serta meningkatkan kualitas udara. Selain itu, exhaust fan juga berfungsi untuk mengontrol udara pada AC. Hal ini disebabkan karena AC hanya menyejukkan ruangan, namun tidak dapat mengganti udara kotor dalam ruangan dan menggantinya dengan udara bersih dari luar ruangan. Exhaust fan juga dapat dijadikan sebagai alternative ventilasi ruangan jika ruangan tidak memiliki ventilasi yang cukup untuk memenuhi pergerakan sirkulasi udara dengan optimal. Tak berhenti sampai disitu, exhaust fan juga dapat dijadikan sebagai alat pengusir nyamuk serta menghilangkan bau yang kurang sedap.
Cara memasang exhaust fan dengan mudah
foto:id.wikihow.com
Pada umumnya, exhaust fan memiliki kisi-kisi yang berfungsi sebagai pelindung kipas. Selain itu, exhaust fan juga mempunyai oil cup yang digunakan sebagai penangkap minyak yang masuk bersama udara. Biasanya oil cup menempel pada bagian badan kipas. Agar motor tidak mudah rusak ataupun terbakar, exhaust fan juga dilengkapi dengan sekring pengaman. Pada bagian motor, alat ini menggunakan sistem pelumasan agar jalannya perputaran mesin menjadi lancar. Exhaust fan bekerja secara manual dengan cara menarik tali saat hendak menyalakan namun juga dapat dijalankan secara elektrik dengan menggunakan saklar.

Jenis-jenis Exhaust Fan

Sebelum Anda melakukan pemasangan pada exhaust fan, usahakan untuk mengenali jenis exhaust fan yang cocok untuk dipasang dalam ruangan Anda. Beberapa jenis exhaust fan yang sering digunakan, diantaranya:

1.Wall mount

Wall mount merupakan salah satu jenis exhaust fan yang diterapkan pada bagian dinding ruangan. Untuk menggunakan exhaust fan jenis ini, sebaiknya bagian belakang dindingnya berhadapan langsung dengan area terbuka. Jika Anda ingin memasangnya di antara beberapa ruangan lainnya, pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik serta memiliki akses udara langsung menuju area terbuka.

2.Window mount

Window mount exhaus fan biasanya dipasang pada bagian jendela ruangan. Apabila hendak dipasang pada jendela yang terbuat dari kaca, pastikan ketebalan kaca tersebut skitar 3-7 mm.

3.Ceiling mount

Ceiling mount atau yang sering disebut dengan exhaust fan di plafon diterapkan pada plafon ruangan. Exhaust fan jenis ini menggunakan pipa penyalur udara keluar sebagai ventilasi udara. Akibatnya, exhaust fan ceiling mount sangat cocok digunakan pada ruangan yang tidak memiliki area terbuka sebagai pembuangan udara dari dalam. Pembuangan kotoran pada exhaust fan jenis ini sebaiknya juga disesuaikan dengan perbandingan antara luas ruangan dengan ukuran perangkat exhaust fan yang akan digunakan.

Cara pasang exhaust fan ceiling sebenarnya terbilang sangat mudah. Biasanya, exhaust fan akan tersambung pada saklar yang nantinya dapat dihidupkan dan dimatikan melalui bantuan energi listrik. Hal ini tentu memudahkan Anda saat menginginkan kondisi ruangan yang segar dan bersih. Saat udara di ruangan Anda terasa pengap, Anda dapat menyalakan saklar yang ada pada exahaus fan. Dengan begitu, udara kotor dengan cepat akan dihirup dan diganti dengan udara bersih.

Cara Memasang Exhaust Fan di Ventilasi

Exhaust fan memang dapat dipasang dimana saja. Salah satu tempat yang dapat dipasang exhaust fan yaitu ventilasi. Exhaust fan yang dipasang di ventilasi akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini tentu dikarenakan suplai udara bersih dari luar ruangan cukup banyak. Adapun cara pasang exhaust fan di ventilasi diantaranya:
1.Persiapkan alat bantu yang akan digunakan pada saat pemasangan
2.Tentukan lokasi penempatan sebelum memulai pemasangan
3.Pastikan titik pemasangan tidak terhalang apapun, sehingga proses sirkulasi udara tidak terhambat
4.Pastikan jenis exhaust fan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan ruangan
5.Pasang exhaust fan pada titik yang sudah ditentukan
6.Sambungkan saluran exhaust fan pada konektor
7.Tutup exhaust fan menggunakan penutupnya

Tips Menggunakan Exhaust Fan 

Seperti yang sudah kita Anda tahu bahwasanya exhaust fan merupakan suatu alat yang dapat digunakan sebagai pendingin ruangan sekaligus sebagai media sirkulasi udara.Setiap ruangan tentunya memerlukan sirkulasi yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Apabila dalam ruangan Anda terdapat AC, maka exhaust fan dapat menjadi penyeimbangnya. Namun, usahakan jangan menggunakan AC dan exhaust fan dalam waktu yang sama. Hal ini akan mengakibatkan udara sejuk yang keluar dari AC akan disedot oleh exhaust fan. Beberapa tempat yang mungkin cocok jika dipasang exhaust fan yaitu ruang dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu.

Saat Anda hendak menggunakan exhaust fan, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Pasanglah exhaust fan pada tempat yang benar-benar memiliki sirkulasi udara yang minim. Sebelum melakukan pemasangan, Anda juga dapat menentukan ukuran exhaust fan yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhitungkan volume yang diperlukan untuk sirkulasi udara pada ruangan yang hendak dipasang exhaust fan.

Adapun langkah-langkah untuk menentukan besarnya volume yang diperlukan yaitu dengan mengukur panjang, lebar, serta tinggi ruangan. Selanjutnya, mengalikan volume ruang dengan kebutuhan sirkulasi udara pada setiap jamnya. Biasanya kebutuhan sirkulasi udara untuk kamar mandi sekitar 6-10 kali pergantian udara.

Harga Exhaust Fan


Saat ini exhaust fan terdiri dari beberapa merk yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya kdk, panasonic, maspion, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan satu unit exhaust fan juga terbilang sangat murah. Namun tentu saja setiap merk exhaust fan memiliki harga yang berbeda. Harga yang ditawarkan pada setiap merk akan mengimbangi keunggulan yang dapat Anda peroleh. Umumnya harga exhaust ruanganyang dibandrol oleh setiap merk berkisar antara Rp200.000,00 hingga Rp 1.000.000,00.

Exhaust Fan Kdk

Salah satu merk exhaust fan yang sangat banyak digunakan yaitu exhaust fan kdk. Exhaust fan kdk sendiri sudah berpengalaman sejak tahun 1909. Berbagai type exhaust fan juga sudah banyak diproduksi guna memenuhi kebutuhan sistem ventilasi setiap konsumennya. Beberapa type tersebut diantaranya wall mounted exhaust fan, ceilling mounted propeller exhaust fan, high pressure industrial exhaust fan, dan masih banyak lagi.

Exhaust fan kdk memiliki keunggulan suara motor dan kipas yang halus serta memiliki daya sedot yang besar. Selain itu, setiap exhaust fan merk ini juga dilengkapi pengaman thermal fuse, dimana sekring akan putus jika terlalu panas. Meskipun demikian, harga yang dibandrol merk ini sangat murah dan masih terjangkau. Exhaust fan kdk juga memberikan garansi selama 2 tahun bagi para pembelinya.

Cara pasang exhaust fan kdk sebenarnya tidak berbeda jauh dengan merk-merk lainnya. sebelum Anda memasang exhaust fan merk ini, sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu kebutuhan exhaust pada setiap ruangan. Adapun cara menghitungnya yaitu dengan menghitung volume ruangan terlebih dahulu, kemudian dikalikan dengan kebutuhan frekwensi pergantian udara dan nilai air volume dari exhaust fan tiap m3/jam.

0 Response to "Exhaust Fan Solusi Pendingin Ruangan yang Ramah Lingkungan"

Post a Comment