Cara Mengusir Tikus Curut dari Rumah Terampuh!

Cara Mengusir Tikus Curut dari Rumah
foto:lintangsore.com

Tikus atau curut adalah binatang mamalia yang sangat familiar di antara kita. Sebenarnya tidak ada perbedaan curut atau tikus, karena kedua binatang tersebut berasal dari jenis yang sama. Banyak yang menyebut tikus sawah ini curut dan ada juga yang menyebutnya sebagai tikus. Binatang ini termasuk mahkluk yang bisa merugikan kita jika bersarang di rumah. Karena itulah Anda butuh cara mnegusir tikus curut dari rumah. Kelakukan tikus curut ini dapat merusak barang-barang kita dan juga memakan bahan makanan yang ada di dapur hingga habis. Bahkan tikus curut pun juga bisa menyebabkan orang-orang menjadi ketakutan. Yang lebih parah lagi adalah tikus curut juga bisa menyebarkan bibit-bibit penyakit yang pastinya dapat membahayakan kesehatan kita seperti pes, leptopspirosis, dan penyakit lainnya.

Cara Menusir Tikus Curut dari Rumah yang Ampuh


1. Bensin
Untuk menggunakan cara ini, maka Anda harus tahu lubang-lubang yang sering menjadi tempat persembunyian atau jalan keluar masuk tikus. Jika pada lubang tersebut terdapat dua lubang atau dua celah, maka Anda harus menutup salah satu lubangnya dnegan rapat sehingga tikus tidak bisa kabur lewat lubang yang satu tersebut.

Kemudian Anda tuangkan bensin pada lubang yang lain dengan takaran tertentu. Anda bisa menggunakan koran bekas atau lap bekas untuk tempat menuangkan bensin. Celupkan koran atau lap ke dalam bensin. Lalu letakan koran atau lap tersebut ke salah satu lubang tikus. Lubang tersebut juga sebaiknya ditutup hingga rapat dengan menggunakan tanah.

Dengan cara inilah maka tikus tidak bisa lari kemana-mana. Bensin merupakan salah satu kelemahan tikus curut. Karena bensin yang ada pada lubang lama kelamaan akan menguap, maka bensin akan menjadi racun untuk tikus. Tikus pasti tidak akan tahan untuk berada di tempat tersebut. Tunggulah selama tiga hingga empat hari agar bensin bisa bereaksi. Lama kelamaan tikus pasti akan mati di tempat tersebut.

2. Cuka

Cara mengusir curut dari kamar juga bisa dengan memanfaatkan cuka. Tentunya Anda pasti tidak suka jika ada curut yang masuk ke kamar Anda dengan seenaknya, kan? Nah, degan menggunakan dua galon air dan setengah botol cuka apel, maka Anda bisa mengusir curut dari kamar Anda. Semprotkan campuran ini ke area kamar Anda. Lakukan penyemprotan cuka selama sebulan sekali dan curut tidak akan betah untuk berada di dalam kamar Anda untuk waktu yang lama.

3. Perangkap tikus
Perangkap tikus juga bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengusir tikus. Taruhlah makanan kesukaan curut seperti keju, potongan daging, biji-bijian, dan lain-lain. Sebenarnya makanan tikus curut ini bisa apa saja krena tikus curut memakan segalanya. Bahkan mengorak-ngarik tempat sampah untuk mencari makanan pun juga dilakukannya. Taruhlah umpan tikus curut pada perangkap dan tunggulah hingga tikus curut memakan umpan lalu tertangkaplah dia.

4. Kucing
Tikus curut melindungi dirinya dengan cara berlari. Nah, sebaiknya Anda pelihara kucing di rumah Anda karena kucing dapat mengejar tikus yang larinya kencang. Seperti yang kita tahu, kucing suka memakan tikus. Karena itulah tidak ada salahnya untuk memelihara kucing agar bisa mengusir tikus juga. Dengan cara inilah maka tikus pun akan berlari keluar rumah karena tidak betah di rumah Anda.

5. Daun kemangi
Daun kemangi merupakan cara mengusir tikus curut secara alami. Daun yang satu ini memang bukan hanya berfungsi sebagai lalapan saja, namun juga efektif untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya pun sangat praktis dan mudah. Anda hanya perlu menebarkna daun-daun kemangi ke tempat persembunyian atau jalan keluar masuk tikus. Taruhlah daun kemangi ke sarang tkus juga. Bau daun kemangi tidak disukai oleh tikus sehingga tikus akan segera keluar dari rumah Anda karena tidak betah.

6. Nangka Belanda

Curut merupakan hewa yang serig masuk ke dapur, ke bawah lemari, bawah meja, kursi-kursi, tempat yang gelap, dan tempat yang kotor. Jika sudah ada curut yang lewat, maka akan meninggalkan bau yang khas dan dapat mengganggu karena baunya tidak sedap. Kotorannya pun juga tidak sedap. Gunakan nangka Belanda yang masih berdaun sebagai cara menghilangkan bau curut. Letakan buah tersebut di tempat persembunyian dan juga jalan keluar masuk curut. Baunya yang dibenci curut itu akan membuat dia tidak betah untuk berlama-lama di rumah Anda.

7. Mengkudu
Anda juga bisa memanfaatkan mengkudu untuk mengusir tikus. Potonglah buah mengkudu hingga beberapa bagian. Kemudian letakkan potongan buah mengkudu ke tempat yang sering didatangi oleh tikus contohnya tempat sampah. Akan lebih baik lagi jika Anda juga meletakan umpan untuk tikus curut disana agar tikus tertarik masuk ke tempat sampah. Saat sudah berada di tempat sampah, maka tikus curut akan menyium bau mengkudu yang tidak disukainya. Tentu saja dia tidak akan mau mendekat ke tempat sampah. Jika aroma buah mengkudu sudah tidak ada, maka segera ganti yang baru. Lakukan cara ini selama beberapa hari dan niscaya tikus tidak akan berkeliaran lagi di dalam rumah Anda.

8. Sabun batang
Cara mengusir tikus curut dari rumah selanjutnya adalah dengan meletakan sabun batang di tempat yang sering dilewati oleh tikus curut. Mereka juga tidak suka dengan bau dari sabun batangan. Sehingga dengan cara inilah maka tikus curut juga tidak akan masuk ke dalam rumah Anda lagi.

9. Minyak daun mint
Jika Anda bisa menemukan minyak yang terbuat dari daun mint, maka Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk mengusir tikus. Oleskan minyak pada lap bekas ataupun karton dan letakan di sarang tikus atau tempat yang sering dilewati oleh tikus. Bau mint juga merupakan bau yang tidak disukai oleh tikus sehingga akan sangat tepat jika menggunakan minyak daun mint agar tikus curut segera pergi dari rumah Anda.

10. Jangkrik
Taruhlah jangkrik di sarang dan tempat yang dilewati oleh tikus. Namun sebaiknya letakan jangkrik di tempat yang cukup luas sehingga binatang ini bisa bergerak dengan leluasa. Jangkrik biasanya akan mengerik di tempat yang gelap dan pada malah hari. Suara jangkrik akan membuat para tikus ketakutan sehingga mereka tidak berani keluar dari sarang atau mungkin justru mereka akan keluar dari rumah Anda.

11. Kapur barus
Kapur barus bukan hanya ampuh untuk mengusir kecoa namun juga tikus. Hancurkan kapur barus secara kasar lalu sebarkan di daerah dimana tikus curut biasa lewat. Cara mengusir tikus curut dari rumah ini mudah, murah, dan efektif. Tikus curut pasti tidak betah di rumah Anda dan rumah pun menjadi wangi.

Itu dia 11 cara mengusir tikus curut dari rumah yang mudah, murah, praktis, alami, dan efektif. Cara-cara tersebut membutuhkan waktu beberapa hari sebelum terlihat hasilnya.

0 Response to "Cara Mengusir Tikus Curut dari Rumah Terampuh!"

Post a Comment